Mr. Khairan Noor
Indonesia
(Wonderful Labuan Bajo)
Secara umum trip kami sebenarnya menyenangkan, meskipun ada kendala tapi bisa kita solusikan bersama dengan baik.
Ada beberapa usulan dari saya agar butik trip lebih baik lagi yaitu:
1. Pengecekan ulang makan peserta sebelum trip (contoh kemaren pada saat kedatangan, kita belum prepare makan siang).
2. Pengecekan ulang koneksi internet di ruang meeting (contoh kemaren koneksi internet kurang bagus di ruang meeting).
3. Pengecekan ulang kondisi moda transportasi yang digunakan, dalam hal ini kapal (misalnya mesin dan ketersediaan air kapal utk perjalanan) terutama kapal yang belum pernah digunakan oleh butik trip sehingga diharapkan meminimalisir terjadinya gangguan pada saat perjalanan, kalo perlu dibuat perjanjian dengan kapalnya apabila terjadi sesuatu sudah ada kapal cadangan yang bisa menggantikan dengan kualitas yg sama.
4. Menyiapkan Plan B untuk tujuan wisata utama apabila sudah maksimal di poin 3 namun masih terkendala (contoh kemaren tujuan wisata utama pulau padar kita pindah ke hari ke-3 dengan speedboat).
Beberapa hal yang berkesan bagi saya yaitu :
1. Pada saat kapal ada masalah langsung menggunakan kapal pengganti yang lebih bagus (nice move :D )
2. Optimalisasi Makan di Hotel, di mana terjadi pergeseran waktu karena kondisi waktu namun masih bisa dirasakan oleh peserta trip (Lunch Hotel Loccal diserahkan dalam bentuk kotakan ke peserta sebelum kepulangan).